Saturday, December 16, 2017

Mengenal Bash

Assalamualaikum wr. wb.

A. Judul/Nama kegiatan
Mengenal Bash

B. Pendahuluan :
Pengertian
Bash adalah shell Unix dan bahasa perintah yang ditulis oleh Brian Fox untuk Proyek GNU sebagai pengganti perangkat lunak gratis untuk shell Bourne.

Latar Belakang
Mempelajari tentang bahasa perintah bash

Maksud & tujuan
Membuat file bash untuk merangkai beberapa perintah dan dieksekusi dengan bash

Hasil yang diharapkan
Mengerti tentang bahasa perintah bash

C. Alat & Bahan
- Koneksi internet
- Pc /Laptop

D. Jangka waktu pelaksanaan
45 menit

E. Proses tahapan pekerjaan
BASH

Bash adalah shell Unix dan bahasa perintah yang ditulis oleh Brian Fox untuk Proyek GNU sebagai pengganti perangkat lunak gratis untuk shell Bourne . Pertama kali dirilis pada tahun 1989,  telah didistribusikan secara luas sebagai shell login default untuk sebagian besar distribusi Linux dan macos Apple (sebelumnya OS X ). Versi juga tersedia untuk Windows 10. Bash adalah prosesor komando yang biasanya berjalan di jendela teks, di mana perintah jenis pengguna yang menyebabkan tindakan. Bash juga bisa membaca dan mengeksekusi perintah dari sebuah file, yang disebut script . Seperti semua kerang Unix, mendukung nama file globbing (pencocokan wildcard), perpipaan , dokumen di sini , substitusi perintah , variabel , dan struktur kontrol untuk pengujian kondisi dan iterasi . Kata kunci , sintaksis dan fitur dasar bahasa lainnya disalin dari sh . Fitur lain, misalnya sejarah , disalin dari csh dan ksh . Bash adalah shell yang sesuai dengan POSIX , namun dengan sejumlah ekstensi.  Nama shell adalah akronim untuk shell Bourne-again , meninju nama shell Bourne yang menggantikannya dan dengan istilah " born again " yang menunjukkan kelahiran kembali spiritual dalam kekristenan Amerika kontemporer.  Sebuah lubang keamanan di Bash yang berasal dari versi 1.03 (Agustus 1989), dijuluki Shellshock , ditemukan pada awal September 2014 dan dengan cepat menyebabkan serangkaian serangan di Internet. Patch untuk memperbaiki bug segera tersedia setelah bug diidentifikasi, namun tidak semua komputer telah diperbarui.

Sejarah Bash 

Brian Fox mulai coding Bash pada tanggal 10 Januari 1988 setelah Richard Stallman menjadi tidak puas dengan kurangnya kemajuan yang dibuat oleh pengembang sebelumnya. Stallman dan Free Software Foundation (FSF) menganggap sebuah shell bebas yang dapat menjalankan skrip shell yang ada sehingga strategis untuk sistem yang benar-benar gratis yang dibangun dari kode BSD dan GNU bahwa ini adalah satu dari sedikit proyek yang mereka didanai sendiri, dengan Fox melakukan bekerja sebagai pegawai FSF. Fox merilis Bash sebagai versi beta, versi, 99, pada tanggal 8 Juni 1989 dan tetap menjadi pemelihara utama sampai sekitar pertengahan 1992 dan pertengahan 1994, ketika dia berada diberhentikan dari FSF dan tanggung jawabnya dialihkan ke kontributor awal lainnya, Chet Ramey. Sejak saat itu, Bash telah menjadi cangkang yang paling populer di kalangan pengguna Linux, menjadi shell interaktif default di berbagai distribusi sistem operasi itu (walaupun shell Almquist mungkin adalah shell scripting default) dan pada macos Apple. Bash juga telah porting ke Microsoft Windows dan didistribusikan dengan Cygwin dan MinGW , ke DOS oleh proyek DJGPP , ke Novell NetWare dan ke Android melalui berbagai aplikasi emulasi terminal.  Pada bulan September 2014, Stéphane Chazelas, spesialis jaringan dan telekomunikasi Unix / Linux, yang bekerja di Inggris, menemukan bug keamanan dalam program ini. Bug tersebut, yang pertama kali diungkapkan pada tanggal 24 September, diberi nama Shellshock dan diberi nomor CVE-2014-6271 , CVE-2014-6277 dan CVE-2014-7169 . Bug itu dianggap berat, karena skrip CGI yang menggunakan Bash bisa rentan, memungkinkan eksekusi kode sewenang - wenang . Bug itu terkait dengan bagaimana definisi fungsi Bash melewati subkulit melalui variabel lingkungan .

Konsep Bash
Konsep kerja dari pemrograman bash shell hampir mirip dengan bahasa pemrograman lainnya. Pemrograman bash shell juga menggabungkan perintah-perintah untuk memilih suatu kondisi, memproses suatu I/O, looping, dan membuat fungsi-fungsi yang dapat dijalankan user. Konsep pemrograman bash shell ini akan mudah dipelajari apabila kita sudah mengetahui perintah-perintah sederhana yang ada di bash shell seperti whoami, cd, cat, dan lainnya. Dengan penguasaan perintah-perintah sederhana ini, pemrograman bash shell akan membuat pekerjaan user menjadi lebih efektif. Hal penting yang harus diketahui sebelum menggunakan pemrograman bash shell adalah konsep mengenai variabel, format syntax dan struktur di dalam pemrograman bash shell itu sendiri.

Format syntax dan struktur dalam bash shell programming adalah hal yang paling penting untuk diketahui. Kita dapat menulis script menggunakan editor seperti vim, emacs, gedit, dan dtpad. Namun vim dan emacs adalah yang paling cocok karena bisa membantu kita dalam membenarkan syntax dari script yang kita tulis jika kita mengaktifkan fiturnya. File script harus disimpan dalam bentuk .sh. Kemudian di headernya harus diberikan komentar bahwa script ini merupakan pemrograman berbasis bash shell.

F. Hasil yang didapatkan
Mengerti bahasa perintah bash

G. Temuan masalah
Tidak ada

H. Kesimpulan yang didapat
Dengan mempelajari bash dapat memudahkan untuk mengeksekusi beberapa perintah yang berurutan

I. Referensi
https://en.wikipedia.org/wiki/Bash_(Unix_shell)
https://iks32753.wordpress.com/2012/04/03/pemrograman-bash-shell-2/


Selamat mencoba & Semoga berhasil.Wassalamualaikum wr. wb.

0 comments:

Post a Comment