Friday, November 10, 2017

Cloud Computing

Assalamualaikum wr. wb.

A. Judul/Nama kegiatan
Cloud Computing

B. Pendahuluan :
Pengertian
Cloud Computing adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dan pengembangan berbasis Internet (awan). Awan (cloud) adalah metafora dari internet, awan (cloud) dalam Cloud Computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya. Ia adalah suatu metoda komputasi di mana kapabilitas terkait teknologi informasi disajikan sebagai suatu layanan (as a service), sehingga pengguna dapat mengaksesnya lewat Internet (di dalam awan) tanpa mengetahui apa yang ada didalamnya, ahli dengannya, atau memiliki kendali terhadap infrastruktur teknologi yang membantunya. Menurut sebuah makalah tahun 2008 yang dipublikasi IEEE Internet Computing "Cloud Computing adalah suatu paradigma di mana informasi secara permanen tersimpan di server di Internet dan tersimpan secara sementara di komputer pengguna (client) termasuk di dalamnya adalah desktop, komputer tablet, notebook, komputer tembok, handheld, sensor-sensor, monitor dan lain-lain.
Latar Belakang
Lebih mengenal Cloud Computing

Maksud & tujuan
Mengetahui teknologi Cloud Computing

Hasil yang diharapkan
Mengerti tentang Cloud Computing

C. Alat & Bahan
- Koneksi internet
- Pc /Laptop

D. Jangka waktu pelaksanaan
1 jam

E. Proses tahapan pekerjaan
  • > Sejarah Cloud Computing
   Tahun 50-an, Cloud Computing memiliki konsep mendasar. Ketika komputer mainframe yang tersedia dalam skala yang besar dalam dunia pendidikan dan perusahaan dapat diakses melalui komputer terminal disebut Terminal Statis. Terminal yang hanya dapat digunakan untuk melakukkan komunikasi tetapi tidak memiliki kapasitas pemrosesan internal. Agar penggunaan mainframe yang relatif mahal mejadi efisien maka mengembangkan akses fisik komputer dair pembagian kinerja CPU, Hal ini dapat menghilangkan periode tidak aktif pada mainframe, memungkinkan untuk kembali pada investasi. Hingga pertengahan tahun 70-an dikenal dengan RJE remote prose Entry Home Jb yang berkaitan besar dengan IBM dan DEC Mainframe.

   Tahun 60-an, John McCarthy berpendapat bahwa "Perhitungan suatu hari nanti dapat diatur sebagai utilitas publik". Di buku Douglas Parkhill, The Challenge of the Computer Utility menunjukan perbandingan industri listrik dan penggunaan pada listrik di masyarakat umum dan pemerintahan dalam penyediaan Cloud Computing. Ketika ilmuan Herb Grosch mendalilkan bahwa seluruh dunia akan beroperasi pada terminal bodah didukung oleh sekitar 15 pusat data yang besar. Karena komputer ini sangat canggih, banyak perusahaan dan entitas lain menyediakan sendiri kemampuan komputasi melalui berbagai waktu dan beberapa organisasi.

  • > Karakteristik Cloud Computing
Cloud Computing penggabungan antara pemanfaatan teknoogi komputer (komputasi) dan pengembangan berbasis internet (awan). Cloud Computing dibedakan menjadi 3 yaitu:
  1. Public Cloud - Penerapan Cloud Computing untuk umum (public).
  2. Private Cloud - Digunakan secara pribadi (private) oleh perusahaan pengguna tertentu.
  3. Hybrid Cloud - Penggabungan pemanfaatan Public Cloud (umum) dan Private Cloud (pribadi).
  • > 3 Konsep Dasar Cloud Computing
  1. Infrastructure as a Service (IaaS) - Konsep dasar yang pertama kali muncul, Implementasi IaaS banyak dilakukan pada penggunaan atau penyewaan jaringan untuk akses Internet, Layanan Disaster Recovery Center dan lain-lain.
  2. Platform as a Service (PaaS) - Tidak jauh beda dengan IaaS, PaaS digunakan pada Operating System dan infrastructur pendukungnya. Seperti layanan dari force.com dan layanan dari para vendor server.
  3. Software as a Service (SaaS) - Sebagai konsep dasar Cloud Computing paling terbaru dan lebih unggul SaaS didukung dengan software atau suatu aplikasi bisnis tertentu.
  • > Secara Universal Cloud Computing Memiliki Karakteristik Yang Tidak Jauh Beda Dengan Ketiga Teknologi Pendahulunya 
  1. Grid Computing - Metode komputasi dimana sebuah komputer raksasa virtual yang terdiri dari beberapa komputer yang bekerja secara bersamaan melakukan komputasi. Contohnya pada Jaringan Peer-to-Peer atau SETI@home.
  2. Utility Computing - Konsep komputasi para client hanya membayar apa yang mereka pakai. Contohnya sistem penggunaan listirik PLN.
  3. Autonomic Computing - Konsep dimana komputer beserta perangkat komputasinya memiliki kemampuan untuk memperbaiki dirinya sendiri atau yang dikenal dengan self-management. Contohnya penggunan harddisk server yang penuh akan data.
  • > Enam Komponen Penting Cloud Computing
  1. Cloud Clients
  2. Cloud Service
  3. Cloud Application
  4. Cloud Platform
  5. Cloud Storage
  6. Cloud Infrastructure   
   Keunggulan yang dimiliki oleh cloud computing yaitu : harganya murah, ramah lingkungan, dan lain2. Karena keunggulannya ini cloud computing banyak di gunakan sebagai konsep dasar oleh teknologi2 masa kini. seperti VBLOCK INFRASTRUCTURE PACKAGE, IBM VMCONTROL, dan WINDOWS AZURE. Namun di balik keunggulannya ini ada kendala2 yang sering terjadi pada Cloud Computing adalah service-level, privacy, compliance, data ownership dan data mobilty. 

F. Hasil yang didapatkan
Mengerti tentang Cloud Computing

G. Temuan masalah
Tidak ada

H. Kesimpulan yang didapat
Dengan Cloud Computing data-data dapat tersimpan  dan kemungkinan untuk hilang berkurang

I. Referensi
proxmox-cloud-computing-virtualisasi.pdf
https://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi_awan

Sekian blog saya pada hari ini apabila ada kesalahan mohon maaf.
Selamat mencoba & Semoga berhasil.
Wassalamualaikum wr. wb.

0 comments:

Post a Comment