Assalamualaikum
wr. wb.
A. Judul/Nama kegiatan
Apa itu SOP
B. Pendahuluan :
Pengertian
SOP (Standard Operating Procedures) atau prosedur operasi standar adalah serangkaian instruksi-instruksi yang disusun oleh sebuah organisasi untuk membantu pekeja melakukan operasi rutin.
Latar Belakang
Menciptakan pekeja
yang tahu akan langkah-langkah pekerjaannya sesuai dengan ketentuan
yang ada.
Maksud & tujuan
Mengerti tentang SOP
Hasil yang diharapkan
Dapat memahami SOP
C. Alat & Bahan
- Koneksi internet
- Pc /Laptop
D. Jangka waktu pelaksanaan
08.00 - selesai
E. Proses tahapan pekerjaan
Standart
Operating Procedure (SOP)
memiliki tujuan :
- Memberikan pedoman, petunjuk, arahan secara umum dan khusus kepada
sebuah lembaga, instansi atau perusahaan dalam menjalankan tugas
pokok dan fungsinya masing-masing.
- Menciptakan tekad yang kuat dan semangat kerja yang tinggi. Dengan
adanya sebuah Standart Operating Procedure (SOP) yang baik, maka
setiap pengawal atau karyawan yang bekerja di perusahaan atau
instansi akan memiliki kemauan yang kuat dalam menyelesaikan
tugas-tugasnya.
- SOP disusun untuk memperkecil kemungkinan perusahaan atau instansi
mengalami kegagalan dan kebangkrutan.
Fungsi SOP :
- Memperlancar tugas petugas/pegawai atau tim/unit kerja.
- Sebagai dasar hukum bila terjadi penyimpangan.
- Mengetahui dengan jelas hambatan-hambatan dan mudah dilacak.
- Mengarahkan petugas/pegawai untuk sama-sama disiplin dalam bekerja.
- Sebagai pedoman dalam melaksanakan pekerjaan rutin.
Prinsip-prinsip SOP :
Dalam PERMENPAN PER/21/M-PAN/11/2008 disebutkan bahwa penyusunan SOP
harus memenuhi prinsip-prinsip antara lain: kemudahan dan kejelasan,
efisiensi dan efektivitas, keselarasan, keterukunan, dinamis,
berorientasi pada pengguna, kepatuhan hukum, dan kepastian hukum.
- Konsisten, SOP harus dilaksanakan secara konsisten dari waktu ke
waktu, oleh siapapun, dan dalam kondisi apapun oleh seluruh jajaran
organisasi pemerintahan.
- Komitmen, SOP harus dilaksanakan dengan komitmen penuh dari seluruh
jajaran organisasi, dari level yang paling rendah dan tertinggi.
- Perbaikan berkelanjutan, pelaksanaan SOP harus terbuka terhadap
penyempurnaan-penyempurnaan untuk memperoleh prosedur yang
benar-benar efisien dan efektif.
- Mengikat, SOP harus mengikat pelaksana dalam melaksanakan tugasnya
sesuai dengan prosedur standar yang telah diterapkan.
- Seluruh unsur memiliki peran penting, seluruh pegawai memiliki
peran-peran tertentu dalam setiap prosedur yang distandarkan. Jika
pegawai tertentu tidak melaksanakan perannya dengan baik, maka akan
mengganggu keseluruhan proses yang akhirnya berdampak pada proses
penyelenggaran pemerintahan.
- Terdokumentasi dengan baik, seluruh prosedur yang telah
distandarkan harus didokumentasi dengan baik, sehingga dapat selalu
dijadikan referensi bagi setiap mereka yang memerlukan.
F. Hasil yang didapatkan
Dengan SOP pekerja
mengerti bagaimana caranya bekerja sesuai standar.
G. Temuan masalah
Tidak ada
H. Kesimpulan yang didapat
SOP digunakan untuk panduan para pekerja untuk meminimalisir kecelakaan kerja.
I. Referensi
https://en.wikipedia.org/wiki/Standard_operating_procedure#Health_and_safety
Sekian blog saya pada hari ini apabila ada kesalahan mohon maaf.
Wassalamualaikum wr. wb.
0 comments:
Post a Comment